Kamis, 14 Juli 2011

KEGIATAN UT PUSAT

Seminar Matematika, Sains, dan Teknologi

Rangkaian kegiatan Dies UT-ke 27 salah satunya adalah Seminar Nasional. Senin, 11 Juli 2011, FMIPA-UT menyelenggarakan Seminar Nasional Tahunan Matematika, Sains, dan Teknologi di Balai Sidang Universitas Terbuka (UTCC) yang mengambil tema “Meningkatkan Kemandirian Masyarakat melalui Penerapan Matematika, Sains, dan Teknologi yang Inovatif”. Sesuai Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2010 bahwa inovasi yang dibutuhkan negara ini sangat penting, sehingga Presiden merasa perlu membentuk Komite Inovasi Nasional. Pada kesempatan ini FMIPA mengundang salah seorang anggota Komite Inovasi Nasional sebagai pembicara kunci, yaitu Bapak Ir. Jusman Syafii Djamal. Beliau adalah Menteri Perhubungan dalam Kabinet Indonesia Bersatu Pertama dan Direktur PT. Dirgantara Indonesia, Dewan Komisaris PT. TELKOM.

pembicara-semnas-fmipa-juli-2011
Peserta seminar pada sesi pleno, selain diikuti oleh sekitar 200 peserta kalangan Peneliti, Praktisi, dosen, guru, diikuti pula oleh sekitar 1.500 peserta Upacara Penyerahan Ijasah (UPI) dari Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Bogor yang akan mengikuti UPI tanggal 12 Juli 2011 di tempat yang sama.
Penyaji makalah berasal antara lain dari : Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Institut Pertanian Bogor. Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, IAIN Walisongo Semarang, Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Universitas Indraprasta, Jakarta Selatan, Universitas Budi Luhur, Jakarta, LAPAN, Bandung, Balai Penelitian Tanah, Bogor, Balai Litbang Sosial Ekonomi bidang Jalan Kementerian Pekerjaan Umum, SMA Negeri I Tanah Jawa, Simalungun, MAN 15 Jakarta, SMPN 1 Tanjungraja, Lampung Utara, PT. Europe Continents Indonesia, Jakarta; serta dari UT.
peserta-semnas-fmipa-juli-2011
Seminar ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Terbuka dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya beliau berharap bahwa hasil seminar nantinya dapat memberikan kontribusi yang positif dan konstruktif bagi upaya peningkatan kemandirian masyarakat melalui penerapan matematika, sains, dan teknologi yang inovatif, selaras dengan upaya kita bersama dalam memperkuat sistem inovasi nasional dan mengembangkan budaya inovasi nasional. Selain itu, melalui seminar kali ini UT berharap dapat berperan dalam mendesiminasikan berbagai hasil penelitian atau konsep pemikiran mengenai pengembangan matematika, sains, dan inovasi teknologi yang dapat dirasakan manfaatnya dalam mengelola berbagai sumber daya yang kita miliki secara inovatif, dan pada akhirnya dapat meningkatkan dan memeratakan kesejahteraan di tanah air. Universitas Terbuka sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran memiliki kapasitas daya tampung mahasiswa yang sangat besar, sehingga dapat berkontribusi secara optimal dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di tanah air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar